Jumat, 30 September 2016

Konsep Rekam Medis

Konsep Rekam Medis

a. Pengertian Rekam Medis
Menurut Huffman (Firdaus, 2008 : 7) Rekam medis adalah “berkas yang menyatakan siapa, apa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana pelayanan yang diperoleh seorang pasien selama dirawat atau menjalani pengobatan”.
th
b. Kegiatan Rekam Medis
Kegiatan Rekam Medis menurut Dirjen Yanmed (1996:34):
1) Penerimaan Pasien
Penerimaan pasien rawat jalan terdiri dari tiga unit yaitu unit rawat jalan, rawat inap, gawat darurat.
2) Pencatatan (recording)
Pencatatan dilakukan pada formulir-formulir rekam medis sesuai dengan unit, baik unit rawat jalan, unit rawat inap, maupun unit gawat darurat sesuai dengan kebijakan rumah sakit yang bersangkutan.
3) Pengolahan data menurut Dirjen Yanmed (2006:57) terdiri dari:
a) Assembling (Penataan berkas rekam medis)
Penataan rekam medis terdiri dari penataan rekam medis pasien rawat jalan dan pasien rawat inap
b) Coding (Pemberian kode)
Pemberian kode adalah pemberian penetapan kode dengan menggunakan huruf dan angka yang mewakili komponen data.
4) Indeksing (Tabulasi)
Indeksing adalah membuat tabulasi sesuai dengan kode yang udah di buat kedalam indeks-indeks. Jenis indeks yang biasa di buat:
a) Indeks Pasien
b) Indeks Penyakit
c) Indeks Obat-obatan
d) Indeks Dokter
e) Indeks Kematian
5) Penyimpanan
Salah sata bentuk penyimpanan dalam penyelenggaraan rekam medis yaitu:
a) Sentralisasi adalah menyimpan rekam medis dalam satu kesatuan baik catatan-catatan kunjungan poliklinik maupun catatan selama pasien dirawat.
b) Desentralisasi adalah terjadi pemisahan antara rekam medis poliklinik dengan rekam medis penderita dirawat.
c. Tujuan Rekam Medis
Menurut Rustiyanto (2009:6), mengemukakan bahwa tujuan dibuatnya rekam medis adalah untuk menunjang tercapainya tertib administrasi dalam rangka upaya peningkatan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit.
Pembuatan rekam medis di Rumah Sakit bertujuan untuk mendapatkan catatan atau dokumen yang akurat dan adekuat dari pasien, mengenai kehidupan dan riwayat kesehatan, riwayat penyakit, dimasa lalu dan sekarang, juga pengobatan yang telah diberikan sebagai upaya meningkatkan pelayakan kesehatan.
d. Kegunaan Rekam Medis
Kegunaan rekam medis dapat dilihat dari beberapa aspek, menurut Dirjen Pelayanan Medik (2006:13) yang diantaranya :
1) Aspek Administrasi
Berkas rekam medis mengandung nilai administrasi. Hal ini dikarenankan isi rekam medis menyangkut tindakan berdasaarkan wewenang dan tanggung jawab sebagai tenaga medis dan paramedis dalam memberikan pelayanan kesehatan.
2) Aspek Medis
Berkas rekam medis mengandung nilai medis, karena catatan tersebut digunakan sebagai dasar untuk merencanakan pengobatan atau perawatan yang harus diberikan kepada seorang pasien.
3) Aspek Hukum
Berkas rekam medis mengandung nilai hukum karena isinya menyangkut masalah adanya jaminan kepastian hukum atas dasar keadilan, dalam rangka usaha menegakan hukum serta penyediaan bahan sebagai tanda bukti untuk menegakan keadilan
4) Aspek Keuangan
Berkas rekam medis mengandung nilai uang, karena isinya terdapat data atau informasi yang dipergunakan sebagai aspek keuangan.
5) Aspek Penelitian
Berkas rekam medis mengandung nilai penelitian karena isinya menyangkut data dan informasi yang dapat dipergunakan sebagai aspek pendukung penelitian dan perkembangan ilmu pengetahuan dibidang kesehatan.
6) Aspek Pendidikan
Berkas rekam medis mengandung aspek pendidikan, karena isinya menyangkut data atau informasi tentang perkembangan kronologi dan kegiatan pelayanan medis yang diberikan kepada pasien. Informasi tersebut dapat dipergunakan sebagai bahan referensi dibidang profesi pendidikan kesehatan
7) Aspek Dokumentasi
Berkas rekam medis mengandung nilai dokumentasi, karena isinya menyangkut sumber ingatan yang harus didokumentasikan dan dipakai sebagai bahan pertanggung jawaban dan juga sebagai laporan suatu Rumah Sakit. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dapat diaplikasikan penerapannya di dalam penyelenggaraan dan pengelolaan rekam medis yang cukup efektif dan efisien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar